Rabu, 06 Juni 2012

Struktur Pasar


struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.
Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
  • Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. 
Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana :
  • Jumlah produsen banyak 
  • Volume produksi setiap produsen hanya merupakan bagian yang kecil dari volume transaksi total di pasar. 
  • Produknya homogen 
  • Informasi pasar sempurna 
  • Mobilitas faktor produksi sempurna. 
  • Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
    • Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
    • Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
    • Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
    • Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
    • Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
    • Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Pasar biasanya dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu
  1. Pasar persaingan sempurna 
  2. Pasar persaingan tidak sempurna, yang biasanya ada beberapa jenis lagi diantaranya : 
  3. Pasar monopoli 
  4. Pasar oligopoly 
  5. Pasar monopolistik 
  6. Pasar duopol.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar