Minggu, 25 November 2012

MOBIL HYBRID


Mobil Hybrid Toyota Prius C Sudah Bisa Dipesan

INILAH.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek mobil Toyota, memperkenalkan Prius C, mobil kompak hybrid generasi baru di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Tak hanya dipajang di arena pameran saja, TAM juga berencana akan menjual mobil ini dalam waktu dekat.
Kehadiran mobil hybrid Prius C ini melengkapi jajaran produk mobil ramah lingkungan yang sudah pernah dipasarkan sebelumnya oleh Toyota, yakni Prius dan Camry Hybrid.
"Bahan bakar semakin langka dan juga bertambah mahal. Dan yang mengagetkan adalah 24% emisi global berasal dari kendaraan," papar General Manager Technical Service Division TAM Dadi Hendriadi, di arena IIMS 2012, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (24/9).
Ia menambahkan, Toyota ingin selalu menjadi ‘true friend’ bagi semua orang, dan salah satu perwujudannya adalah teknologi mobil hybrid. Menurut Dadi, Toyota Prius C merupakan kendaraan ramah lingkungan karena efisien dalam penggunaan bahan bakar dan kadar emisi gas buang yang sangat rendah.
Konsep eco-fun juga diperhatikan Toyota dalam mengembangkan Prius C. Desain yang lebih dinamis dan pilihan berbagai warna yang trendy diharapkan juga mampu menarik perhatian generasi muda yang peduli dengan lingkungan.
Toyota Prius C mengusung mesin bensin berkapasitas 1.500 cc yang dipadukan dengan motor listrik. Saat diuji coba di Jepang, mobil hybrid ini memiliki konsumsi bahan bakar 35 km per liter. Diperkirakan jika dikendarai di daerah macet seperti Jakarta, konsumsi bahan bakarnya dapat mencapai 25 km per liter. Masih cukup irit bukan?
“Pelanggan yang berminat, bisa langsung memesan Toyota Prius C yang harganya lebih rendah dari kendaraan hybrid generasi sebelumnya. Meskipun harganya masih belum fiks, tapi kami perkirakan mobil ini akan dibandrol dengan harga sekitar Rp400 juta," ujar Dadi.

Penjelasan Sederhana Mobil Hybrid

hybrid synergy drive - teknologi hybrid ToyotaTeknologi hybrid dari Toyota

Sederhananya, mobil hybrid adalah mobil yang berjalan dengan dua sumber tenaga, mesin yang berjalan dengan minyak dan motor yang berjalan dengan tenaga listrik.
mesin hybrid berjalan dengan kombinasi dua tenaga tersebut.

Kenapa harus dengan dua mesin? dengan digunakannya dua sumber tenaga tersebut, mobil hybrid dapat memanfaatkan mesin bertenaga bensin dan motor bertenaga listrik dengan baik.

Artinya, kombinasi dua teknologi tersebut dapat menghasilkan emisi gas buang CO2 yang lebih sedikit hingga sangat ramah lingkungan.

Toyota telah melangkah lebih jauh lagi dengan teknologi mobil hybrid dengan memperkenalkan Toyota plug-in Prius - generasi ketiga dari keluarga Toyota Prius.
Baterai Toyota plug-in Prius bisa di charge hanya dalam 180 menit dari 100 volts atau 100 menit dari sumber 200 vots, dan dapat menempuh 20 km sebelum harus menggunakan mesin gas/minyak.

Toyota Plug-in Prius semakin ramah lingkungan, lebih aman untuk keluarga, menjadikan Toyota sebagai produsen mobil keluarga ideal terbaik Indonesia.

Mesin Toyota Prius

Menengok dalam kap Toyota Prius

inside priusPada Toyota Prius dan kebanyakan mobil hybrid lainnya, mesin berjalan menggunakan bahan bakar; motornya berjalan dengan listrik. Karena ini mobil hybrid memiliki beberapa bagian khusus, generator listrik yang memberi tenaga pada motor, baterai yang menyimpan listrik diproduksi oleh generator, dan power control unit yang memastikan listrik yang diproduksi dapat digunakan secara efisien.

Walau menggunakan dua jenis sumber tenaga, cara mengemudinya tetap sama dengan mobil konvensional.
Tergantung pada kondisi pada saat mengemudi, mobil hybrid hanya menggunakan motor listrik untuk menghemat bahan bakar atau mengkombinasi kedua mesin bahan bakar dan motor listrik

Keunggulan Toyota Prius

Beberapa fitur yang menyebabkan Toyota Prius lebih unggul dari mobil hybrid lain

prius solar car roofToyota Prius meraih predikat mobil dengan efisiensi bahan bakar nomor 1 di dunia, dengan 38km/liter penggunaan bahan bakar yang sangat hemat!
Toyota memperkenalkan sliding glass moonroof, walau opsional dan berharga $22,000 tapi solar roof ini dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar sebanyak 50 mpg..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar